Hai Blockheads, aplikasi LINE adalah salah satu media sosial kirim pesan terbesar yang ikonik dengan stiker dan tema karakter lucunya. Saat ini anak perusahaan NFT-nya, LINE NEXT, baru aja mendapatkan investasi fantastis sebesar $!40 juta (Rp 2 Triliun) untuk memperluas ekosistem web3. Pendanaan ini didapat dari perusahaan ekuitas swasta Crescendo, dan ditandai sebagai investasi terbesar tahun ini di Asia dalam sektor blockchain/web3.

Dengan suntikan dana segar ini, fokus utama LINE NEXT pastinya mempopulerkan ekosistem Web3 seperti memperluas bisnis global dan meluncurkan layanan baru mereka. Bisa dilihat dari pengumuman di website mereka, Di bulan Januari 2024 nanti, LINE NEXT akan meluncurkan platform NFT global bernama DOSI, dimana ini akan menjadi tempat digital untuk berbagai macam produk digital yang dapat diperdagangkan. DOSI sebelumnya sudah memiliki versi beta yang diperkenalkan pada 14 September 2022.

Lalu, LINE NEXT punya rencana dalam membantu merek untuk “memberikan kepemilikan” atas produk digital yang ada dan mengizinkannya untuk diperdagangkan. Ini sama seperti Axie Infinity yang  mengizinkan item yang dimiliki pengguna akan diberikan hak komersialnya untuk diperdagangkan.

Selanjutnya, raksasa media sosial ini bermaksud untuk meluncurkan game web3 yang menampilkan karakter yang dikenal sebagai BROWN & FRIENDS, dan memperkenalkan aplikasi sosial yang memungkinkan pengguna berkomunikasi berdasarkan karakter yang mereka buat dengan memanfaatkan teknologi AI.

Semua layanan atau produk yang akan diluncurkan akan dibangun di blockchain Finschia. Ini menandakan LINE NEXT dan Crescendo akan berpartisipasi dalam Finschia Foundation sebagai anggota tata kelola, berkontribusi pada perluasan ekosistemnya.

Baca Juga: Token Game Makin Hot, Axie Infinity, Ronin, APE Naik Tajam

Kevin Lee, Managing Partner Crescendo mengatakan “Kami berharap dapat membangun standar untuk aplikasi Web3 sehingga pengguna umum dapat dengan mudah menggunakan dan mengadopsi blockchain ke semua jenis layanan dan merek Web2.”

Youngsu Ko, CEO dari LINE NEXT ikut memberi pernyataan jika "dengan adanya kesempatan ini, kami berusaha mempopulerkan web3 dan mengembangkan layanan dimana pengguna bisa memiliki nilai barang digital mereka"

Dengan berbagai layanan yang digunakan untuk mempopulerkan web3 seperti DOSI. Mereka saat ini sudah memiliki 5,5 juta pengguna di seluruh dunia loh Blockheads, dengan total transaksi kumulatif lebih dari 470.000. Keren banget, kan.